PSSI Kesusahan Urus Izin Latihan Tim nasional U-19 di Stadion Madya

Posted on

Jakarta – PSSI mengharap Tim nasional Indonesia dapat mengadakan latihan di Stadion Madya. Izinnya masih susah didapat.
Komunikasi juga dilaksanakan dengan Pusat Pengendalian Komplek Gelanggang olahraga Bung Karno (PPKGBK). PSSI perlu mengatur permasalahan administrasi dulu ke Kementerian Sekretariat Negara yang membawahi PPKGBK supaya mendapatkan izin penggunaan.

Masalahnya ialah PSSI belum menyelesaikan koreksi permintaan budget pada Kemenpora untuk dapat memakai sarana kompleks latihan di GBK. Tujuannya, Kemenpora akan membayar latihan Tim nasional U-19 lewat dana Budget Penghasilan serta Berbelanja Negara Indonesia (APBN).

Di satu bagian PSSI ingin kejelasan selekasnya didapat. Mereka tidak ingin pengurusan tempat pemfokusan latihan Tim nasional Indonesia berbelit.

“Saya telah meTim nasional U-19lakukan komunikasi dengan Kemenpora serta masih menanti dari yang berkuasa di Stadion Madya. Apa sich susahnya memberi serta menampung team kita di stadion ini? Kan ini team Indonesia” kata ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Jumat (26/6/2020).

“Ya jika tidak, kemungkinan mencari yang yang kemungkinan semakin sama serta representatif dari Stadion Madya. Saya mengharap kelak dari pengelola Stadion Madya untuk memberi yang paling baik pada Tim nasional kita,” katanya memberikan tambahan.

“Mudah-mudahan dipermudah untuk dapat dipakai berlatih di Stadion Madya sebab memang wewenang itu bukan berada di Kemenpora, tetapi berada di bawah Setneg ya,” tuturnya lagi.

Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto pada, Rabu (24/6/2020), pernah mengatakan masih menanti koreksi proposal budget dari PSSI untuk persiapan Tim nasional U-19 ke Piala Asia U-19 2020 serta Piala Dunia U-20 2021. Proposal sebetulnya telah diserahkan, tetapi perlu koreksi serta itu belum diterima lagi oleh faksi Kemenpora.

Walau sebenarnya turunnya dana APBN tidak dapat cepat sebab bermasalah dengan Tubuh Pemeriksa Keuangan (BPK). Nah Iriawan mengaku jika PSSI masih terhalang masalah mengajukan budget di Kemenpora.

“Masalah itu saya memang ke Kemenpora, Kemenpora lalu ke PPKGBK ya, itu sebagai permasalahan. Jika pertolongan dari Menpora memang kami ajukan, tetapi ada naik-turun sebab sesuai APBN,” papar Iriawan.

“Hingga kemungkinan dikoreksi ya, Pak Menpora (Zainudin Amali) sampaikan akan memberikan dukungan, terima kasih. Tentu saja jadi penyemangat buat kami untuk dapat mengoptimalkan terus training timnas,” katanya.

Jadwal latihan paling dekat ialah Tim nasional Indonesia U-19 yang gagasannya akan mengawali kesibukannya pada Juli akan datang di Jakarta. Di waktu yang sama, ada pula Tim nasional Indonesia U-16.

Tidak sama dengan Tim nasional U-19, latihan Tim nasional U-16 telah dinyatakan akan diadakan di Bekasi. Ke-2 latihan tim nasional itu sebagai persiapan Piala Asia U-16 serta Piala Asia U-19 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *