Kenapa Sangsi Manchester City Ditarik?

Posted on

Lausanne – Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengambil larangan hukuman tampil di Liga Champions untuk Manchester City. Apa fakta mereka?
City ajukan banding pada 26 Februari lalu, 12 hari sesudah mereka dijatuhkan hukuman oleh UEFA sebab menyalahi ketentuan Financial Fair Play (FFP) dengan merekayasa penghasilan dana sponsor semasa 2012-2016.

Sidang banding tersebut lantas dilaksanakan semasa 3 hari pada 8-10 Juni, dengan panel arbiter diisi oleh Rui Botica Santos (Portugal), Prof

Pada 13 Juli 2020, seputar satu bulan sesudah sidang, ketetapan itu keluar. CAS meluluskan banding yang diserahkan City.

Dalam launching yang dikeluarkan CAS, City dipandang menyalahi ketentuan nomor 56 berkaitan lisensi club serta ketentuan FFP, tetapi cuma memberi hukuman denda sebesar 10 Juta Euro, yang perlu dibayarkan dalam 30 hari.

CAS menggarisbawahi jika sangkaan pelanggaran City yang membuat mereka dijatuhkan hukuman oleh Tubuh Kontrol Keuangan Club (CFCB) UEFA cuma berlaku dalam kurun waktu spesifik.

Laporan ke UEFA tentang kecurangan dana sponsor

Hal ini memiliki jarak kelamaan dari waktu berlangsungnya sangkaan kecurangan itu. Disamping itu, CAS berasumsi tidak kooperatifnya City dengan CFCB selama saat penyelidikan bukan fakta yang pas untuk larang City tampil di pertandingan antarklub Eropa.

“CAS mengutamakan jika sejumlah besar pelanggaran yang disampaikan CFCB tidak eksis atau dibatasi oleh waktu,” catat pengakuan sah CAS.

“Sebab penyembunyian dana ekuitas dengan cara tidak bisa dipercaya adalah pelanggaran

yang semakin serius dari menghambat penyidikan CFCB, tidak pas bila larang Manchester City

tampil di pertandingan antarklub Eropa karena hanya tidak kooperatif dalam penyelidikan yang dilaksanakan CFCB.”

“Tetapi, memperhitungkan i) sumber daya keuangan Manchester City; ii) keutamaan kerja sama club dalam penyelidikan yang dilaksanakan oleh CFCB, sebab fasilitas investigasinya yang terbatas; serta iii) Manchester City meremehkan konsep itu serta menghambat penyelidikan,

panel CAS putuskan denda yang relevan harus dikenai pada Manchester City, serta dipandang pas untuk kurangi nilai denda sebesar 2/3, jadi cuma sebesar 10 juta Euro,” tutup pengakuan CAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *