Doa Sujud Sukur seperti Tindakan Trezeguet Waktu Aston Villa Vs Arsenal

Posted on

 

Jakarta – Trezeguet lakukan selebrasi sujud sukur selesai bawa teamnya Aston Villa meraih kemenangan atas Arsenal. Trezeguet lakukan sepakan pojok dengan manfaatkan umpan bola dari sundulan Tyrone Mings. Semacam apa doa sujud sukur?

Dengan hasil ini, Aston Villa yang tempati tempat 17 menjauh sesaat dari zone kemunduran. Aston Villa mendapatkan 34 point dengan beda golnya lebih baik defisit 1 gol dibandingkan Watford di rangking ke-18 klasemen Liga Inggris.

Buat muslim, sujud sukur atau sujud ash-shukr ialah bentuk rasa sukur atas semua rizki yang didapat dari Allah SWT. Nabi Muhammad SAW diceritakan sering bersujud setiap kali mendapatkan atau dengar suatu hal yang membahagiakan.

Berikut hadits yang bercerita rutinitas sujud sukur Rasulullah SAW

حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْخُزَاعِيُّ، وَأَحْمَدُ بْنُ يُوسُفَ السُّلَمِيُّ، قَالاَ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنْ بَكَّارِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي بَكْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ كَانَ إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ أَوْ يُسَرُّ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا لِلَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَ

Berarti: “Seperti dikisahkan Abu Bakar, setiap kali Rasulullah SAW dengar kabar atau terima apa yang membuat bahagia karena itu ia akan bersujud untuk pernyataan terima kasih pada Allah SWT yang Maha Mulia.” (HR Ibnu Majah).

Diambil dari situs About Islam, tata langkah sujud sukur tenyata tidak susah. Untuk bentuk beribadah yang ingin mengutarakan perasaan terima kasih pada Allah SWT, sujud sukur tidak perlu ketentuan spesial.

“Tidak ada pada hadits uang menunjukkan bersuci, kebersihan baju, dan tempat jadi ketentuan sujud sukur serta ini ialah opini Imam Yahya serta Abu Talib. Hadis-hadis ini tidak mengatakan apa ucapkan takbir (Allahu Besar) dilaksanakan waktu sujud sukur,” kata ulama Asy-Syaukani dalam kitab hadis Fath Al-`Allam.

Berkaitan opini lain masalah tata langkah serta doa sujud sukur, ini kemungkinan sebab sujud ialah sisi dari sholat yang dilaksanakan umat Islam. Seperti sujud dalam sholat, karena itu sujud waktu sujud sukur harus juga dilaksanakan pada kondisi suci.

Sujud sukur dilaksanakan menghadap kiblat serta memakai baju yang bersih.

Serangkaian sujud sukur dimulai kemauan, ucapkan Allahu Besar, sujud 1x, serta akhirinya dengan perkataan salam seperti saat sholat. Sujud sukur tidak membutuhkan bacaan bacaan spesial, tetapi ada doa yang dapat dibaca muslim waktu melakukan

Diambil dari Fataawa Islamiyyah, ulama besar Shaykh Ibn ‘Uthaymeen menjelaskan, doa sujud sukur dibaca sebelum ucapkan keinginan lain pada Allah SWT. Bacaan doa sujud sukur tentu saja benar-benar simpel serta gampang dihafal.

“Sujud sukur ialah pernyataan atas terhindarnya satu bencana atau karunia yang didapat dari Allah SWT. Tata langkah sujud sukur seperti sujud tilawah di luar sholat. Beberapa ada yang menjelaskan perlu wudhu serta takbir, lalu bersujud serta

membaca ‘Subhaana Rabbiy al-A’laa’ (Kemuliaan atas Allah SWT yang Maha Tinggi)’,” catat ulama itu dalam situs Islam Question and Answer.

Sesaat Ibnu Qudaamah dalam Kitab Al-Mughni menjelaskan, bacaan doa sujud sukur seperti yang dibaca saat sholat. Untuk langkah serta ketentuan sujud sukur seperti yang dilaksanakan waktu sujud tilawah.

Seperti bentuk beribadah lain, lakukan sujud sukur buat muslim sebenarnya benar-benar gampang serta jadi penyemangat selalu untuk mengingat Allah SWT. Dengan mengutarakan sukur diinginkan ridho Allah SWT tetap mengikuti kehidupan beberapa umat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *