Bila Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Ini yang Bogor Kerjakan

Posted on

 

Bogor – Pemerintah Kabupaten Bogor yakin diri Stadion Pakansari akan jadi salah satunya venue tuan-rumah Piala Dunia U-20 2021. Gagasan perbaikan juga siap dilaksanakan.

Kepala Dinas Pemuda serta Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan akui telah mendapatkan kejelasan budget dari negara lewat Budget Penghasilan serta Berbelanja Negara (APBN). Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) menjanjikan pengucuran dana Rp 97,15 miliar.

Ada pula dana dari Budget Penghasilan serta Berbelanja Wilayah (APBD) untuk pembenahan Stadion Pakansari sejumlah Rp 26 miliar. Hingga totalnya jadi Rp 122,75 miliar untuk persiapan Bogor dalam menyongsong Piala Dunia U-20.

“Jika Pakansari dari pertama pertama itu budget seputar Rp 26 miliar untuk perbaikan rumput berstandar internasional, tidak tutup peluang harus hybrid (kombinasi rumput alami serta bikinan), sebab kan referensinya dari FIFA,” kata Bambang Setiawan pada detikSport.

“Penyinaran kan harus yang 2500 lux, sound sistem harus juga ada pergantian, pembangunan lift untuk pemirsa, sarana untuk penyandang disabilitas, toilet harus juga dirapikan, termasuk juga jacuzzi. Kami sediakan jadi tuan-rumah paling baik,” katanya memberikan tambahan.

Pemkab Bogor masih menanti untuk mengawali proses perbaikan serta pembangunan lapangan latihan. Selama ini belum dikerjakan pelelangan.

Bogor sempat jadi tuan-rumah Piala Asia U-19 2018. Beberapa lapangan latihan di Bogor juga sempat digunakan beberapa peserta, dari mulai Stadion Pajajaran sampai Stadion Mini Persikabo.

Masalah lapangan latihan, Bambang pastikan dilaksanakan pembangunan baru. Jadi bukan melakukan perbaikan lapangan yang telah ada.

“Jika persiapan lain telah masuk rencana, kelak akan dilaksanakan lelang fisik Pakansari. Gagasan (melakukan perbaikan) taman yang berada di Sentul serta jalan akses dari Sentul ke Pakansari itu juga ada,” papar Bambang.

“Kami saat ini masih menanti, itu kan lelangnya di PUPR pusat. Tidak tutup peluang Juli telah mulai lelang. Jadi desain and build, ditambah lagi saatnya kan telah dekat. Itu lapangan kami akan bangun baru dengan standard internasional bukan melakukan perbaikan yang lama,” katanya akhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *